Ingin Membangun Rumah Tanpa Modal, Ini Solusinya!



Membangun rumah membutuhkan modal yang sangat besar, ini menjadi kendala kebanyakan orang yang ingin membangun rumah impian mereka. Karena membangun rumah bisa menghabiskan ratusan juta rupiah, nilai tersebut merupakan jumlah yang cukup lumayan banyak.

Banyak orang telah berusaha menabung sejak lama, tetapi  nyatanya rumah yang diinginkan belum juga terwujud. Salah satu penyebabnya adalah dana tabungan yang terkumpul tidak sebanding dengan kenaikan harga material saat itu.

Memang jika Anda berniat menabung untuk membangun rumah, Anda harus cermat dan konsisten dalam memperhitungkan berapa lama dana akan terkumpul dan berapa persentase kenaikan harga material saat dana terkumpul nanti.


Tetapi bagaimana jika secara situasi Anda diharuskan segera membangun rumah, sedangkan tabungan belum cukup dan Anda pun tidak memiliki modal saat itu? Jawabannya adalah dengan meminjam modal ke bank.

Cara membangun rumah tanpa modal dengan pinjaman dari bank adalah solusi yang tepat bagi permasalahan Anda. Mengingat perkembangan saat ini, hampir semua bank memberikan fasilitas kredit yang berkaitan dengan perumahan. Seperti kredit untuk renovasi rumah, untuk sekedar merombak tata ruang rumah bahkan kredit membangun rumah.

Ada beberapa hal yang diperlukan untuk mendapatkan Kredit Bangun Rumah (KBR) dari bank, yaitu sertifikat tanah, Rancangan Anggaran Bangunan (RAB) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Untuk sertifikat tanah, selain sebagai tanda hak milik juga bisa dijadikan jaminan dalam mendapatkan KBR. Sedangan RAB, Anda bisa meminta bantuan kontraktor untuk membuatkannya, biasanya mereka telah memiliki format RAB standar sehingga lebih mudah.

Untuk IMB, jika belum memiliki, Anda bisa mengurusnya di kecamatan atau dinas tata kota dan membutuhkan waktu kurang lebih 2 – 3 bulan.


Setelah sertifikat tanah, RAB dan IMB telah siap, langkah selanjutnya adalah :

  1. Menyiapkan slip gaji (jika suami dan istri bekerja, sertakan slip gaji keduanya), fotokopi surat nikah dan KTP, untuk pengisian aplikasi KBR
  2. Setelah aplikasi diterima, petugas bank akan segera ke lokasi untuk melihat kondisi tanah sekaligus melakukan assessment.
  3. Jika semua kondisi sesuai, tidak membutuhkan waktu lebih dari seminggu, petugas bank akan menghubungi dan meminta Anda ke notaris yang ditentukan untuk menandatangani perjanjian.
  4. Tunggu beberapa hari, uang akan ditransfer ke rekening Anda.

Dana transferan dari bank akan dilakukan secara bertahap, menyesuaikan RAB yang dibuat oleh kontraktor. Dalam hal ini, pihak bank akan ikut mengawasi kemajuan pembangunan, apakah sudah sesuai dengan RAB atau tidak.

Setiap bank akan memberikan suku bunga pinjaman yang berbeda-beda, tetapi masih relatif rendah. Pastikan Anda mendapatkan informasi yang cukup dalam perhitungan suku bunga ini, sebagai dasar jika Anda akan melunasi pinjaman sebelum jatuh temponya.

Mengajukan kredit pinjaman ke bank adalah solusi cerdas membangun rumah tanpa modal atau membangun rumah dengan modal terbatas. Bahkan jika Anda lebih jeli, Anda akan mendapatkan bank yang memberikan dana pinjaman hingga 100% dari nilai RAB material untuk membiayai pembangunan rumah Anda.

Nah, demikian artikel singkat tentang cara membangun rumah tanpa modal. Semoga bermanfaat bagi Anda yang dalam rencana membangun rumah tetapi kesulitan modal.


Sumber : usahaproperti.com
Daftarrumah.com adalah situs jual rumah, beli rumah, sewa rumah, over kredit rumah jual tanah, beli tanah, jual apartemen, beli apartemen, sewa apartemen.

Berita Terkait